Laman

SELAMAT DATANG

Selasa, 22 Maret 2011

Makna dari TRI WARNA (Hijau,Kuning,Merah)


Di Ethiophia 2 november 1930 , diangkat lah seorang kaisar berkulit hitam bergelar Haile Selassie I, raja dari segala raja bagi kaum rastafarian.
masyarakat kulit hitam mengganggapnya sebagai reinkarnasi dari tuhan yang merupakan titisan ataupun kedatangan dan kebangkitan dari Yesus atau roh kudus yaitu Jah yang turun kebumi.
ia mengaku sebagai penguasa 225 aturan dan pembuka jalan yang membentang untuk kembali ke Ajaran menelik yaitu anak dari raja sulaiman dan ratu Sheba.
Pengikut Marcus Garvey di Jamaika mengganggap ini merupakan tanda dari Perjanjian Baru dan Garvey percaya bahwa Haile sellassie adalah raja kulit hitam yang telah dinobatkan dan akan mengangkat derajat rasnya.
Dan ini adalah merupakan cikal bakal dari adanya sebuah aliran agama baru yang disebut Rastafarianisme. Lalu Haile Selassie I memilih warna hijau, kuning dan merah dengan bentuk garis horizontal sebagai bendera kekaisaran dan bendera nasional Ethiopia.
Sedangkan urutan warna ini digunakan berdasarkan suatu cetusan yang dimasukkan ke dalam hukum kerajaan saat tanah Afrika dipimpin oleh Kaisar Menelik II.
dimana garis Hijau selalu berada di atas.Hijau memiliki makna vegetarian yang merupakan salah satu ajaran dari Rastafarian dan melambangkan keindahan alam Afrika.
Kuning emas memiliki makna kejayaan dan juga melambangkan betapa kayanya Afrika. Warna merah memiliki makna mengenang para pejuang Afrika dan melambangkan warna darah
para martir Afrika yang telah berjuang hingga titik darah penghabisan.

dengan gambar singa Yehuda diatasnya merupakan lambang raja dan telah digunakan selama berabad-abad di Ethiopia dan biasa disebut The Lion of Judah membawa salib dan memakai mahkota kekaisaran Ethiopia.
warna ataupun simbol bendera Ethiopia telah beberapa kali munsul dalam warna ataupun urutan yang berbeda selama yang memerintah berbeda pula ..

Wow ternyata warna Hijau,kuning,merah memiliki makna yang dalam sekali ya ?? bukan cuma asal-asalan memilih warna ..

hmm sedangkan di negara kita Indonesia makna warna di dalam tradisi,seni,dan budaya dituangkan dalam warna-warna pada pakaian adat dan aksesoris yang mereka kenakan.
masing-masing dari warna tersebut memiliki makna yang berbeda-beda pula. misalnya saja warna merah dalam masyarakat Adat Gorontalo memiliki makna berani dan bertanggung jawab, warna hijau melambangkan kesuburan negeri indonesia,kesejahteraan dan kedamaian.
dan warna kuning emas bermakna kemuliaan,kesetiaan dan kejujuran.
ada juga di dalam budaya Dayak Kaharingan , warna hijau,kuning,merah tertera pada sebuah kompleks bernama Sandung Pahandut yang berisi satu bangunan mirip rumah panggung, patung-patungan dan dipenuhi ukiran kayu..
Bahkan tertera pula tri warna di lambang logo TMII (Taman Mini Indonesia Indah), merah melambangkan semangat, kuning melambangkan kekayaan dan hijau melambangkan alam.

sungguh luar biasa makna dari Tri warna (hijau, kuning dan merah)

(dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bradda 'n sista yg mw comment or sharing" silahkan saja

back to top